Cara Menghilangkan Komedo Putih Di Hidung Yang Cepat

19.17
Cara Menghilangkan Komedo Putih Di Hidung Yang Cepat - Komedo adalah merupakan salah satu jenis jerawat namun dengan ukuran yang kecil, disebabkan terutama oleh minyak kulit yang berlebih, untuk itu komedo lebih mudah tumbuh pada kulit yang mudah berminyak seperti hidung. selain dihidung komedo juga dapat tumbuh pada bagian kulit wajah lainnya seperti dahi namun tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan yang tumbuh pada hidung. Untuk mengenal lebih jauh mengenai komedo pada artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian komedo, penyebab, cara mengatasi, dan tips untuk mencegahnya.
Pengertian Komedo
Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati, kotoran, sisa mak up dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan sehingga menutupi pori-pori kulit.

Penyebab Komedo
Setiap folikel rambut terdiri dari sehelai rambut dan kelenjar minyak (sebum) yang berfungsi menjaga kulit tetap halus. Faktor yang paling banyak menyebabkan munculnya komedo di bagian wajah adalah kelebihan minyak. Karena itu, komedo paling sering muncul di daerah T wajah yang biasanya lebih berminyak.
Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, di antaranya sebagai berikut:
1. Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).
2. Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
3. Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
4. Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
6. Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
7. Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
8. Folikel rambut yang rontok karena cedera, memencet jerawat, dan terlalu kuat mengukur.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Cepat
1. Dengan Air Hangat
Untuk membersihkan komedo, cuci wajah anda menggunakan air hangat, kemudian gunakan masker wajah, lalu basuhlah wajah dengan air dingin. Cara ini sangat baik untuk menghilangkan komedo karena panasnya uap air dapat membuka pori-pori wajah lebih lebar dan masker yang dioleskan pada wajah akan membatu membersihkannya, lalu pembasuhan menggunakan air dingin akan menutup pori-pori kulit kembali. Kemudian, Anda sebaiknya menggunakan krim tabir surya dengan SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat merusaknya.

2. Masker peel Off
Masker peel off adalah masker yang dipakai pada kulit wajah kemudian dapat dikelupas kembali setelah kering. Masker seperti ini cukup efektif mengangkat sel kulit mati, komedo, kotoran kulit, rambut wajah yang tidak diinginkan, memperbaiki warna dan tekstur kulit. Masker peel off lebih melembapkan kulit wajah daripada masker biasa. Sebab selain mengangkat sel kulit mati, masker jenis ini juga memberi nutrisi pada kulit wajah.

3. Chemical Peeling
Peeling atau chemical peeling. Fungsi peeling seperti halnya facial, yaitu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Bedanya, perawatan peeling membersihkan kulit lebih dalam sementara facial hanya sebatas di permukaan. Ketika peeling dilakukan, kulit mati atau rusak akan terkelupas sehingga bisa segera terganti sel kulit baru. Pada saat peeling, komedo biasanya akan ikut lepas dan tidak menimbulkan rasa sakit.

4. Scrub Wajah
Fungsi utama dari scrubbing adalah mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori kulit, sekaligus  membukanya, agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan, seperti lotion, pelembap, body butter, atau lainnya. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus.

Fungsi crub sama halnya dengan chemical peeling, namun jika cehemikal peeling menggunakan bahan kimia, sedangkan scrub menggunakan lulur yang terdapat butiran-butiran kecil, beberapa jenis sabun wajah juga ada yang terdapat butiran kecil.

5. Steam Wajah
Steam merupakan salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan kotoran wajah. Steam juga baik untuk menghindari pori-pori tersumbat penyebab utama terbentuknya jerawat dan komedo. Dekatkan wajah ke air panas tersebut. Jangan lupa meletakkan handuk di kepala belakang untuk mencegah uap air keluar. Hal ini baik untuk menjaga agar steam lebih efisien. Jangan lupa untuk menutup mata dan mulut saat melakukan perawatan ini. Berdiamlah selama 15 hingga 20 menit hingga uap menghilang. Namun jangan melakukan perawatan ini lebih dari 20 menit. Untuk kulit sensitif, sebaiknya melakukan steam selama 10 hingga 15 menit saja.

6. Dengan Pore Strip
Pore strip dapat dengan mudah kita dapatkan di toko kosmetik. Cara ini lebih cepat, aman, dan mudah karena kita tidak perlu lagi memencet menggunakan tangan maupun extractor. Pore strip dapat mengeluarkan blackhead dengan cara menempelkannya selama 15 menit.

7. Dengan Extractor
Di toko kosmetik banyak dijual alat pendorong komedo yang fungsinya hampir sama dengan pemencetan komedo yang dilakukan tangan. Alat ini lebih memudahkan kita untuk mengeluarkan komedo yang membandel dan sulit dipencet dengan tangan. Alat yang terbuat dari stainless steel kecil ini membantu kita memberikan tekanan pada bagian pori-pori di sekitar komedo.

Tips Agar Komedo Tidak Muncul Kembali
  • Cuci muka secara teratur.
  • Gunakan produk make up yang tidak mengandung minyak.
  • Mencuci rambut tiap hari.
  • Hindari makanan penyebab jerawat.
  • Rajin membersihkan benda yang sering bersentuhan dengan wajah seperti bantal, helm, dan handuk.
Baca: Bebas Jerawat: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔