Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Tomat

10.11
Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Tomat - Tomat bukanlah barang yang sulit untuk ditemukan, pada tiap-tiap dapur rumah tangga pastinya ditemukan bahan masak yang satu ini, selain enak untuk ditambahkan dalam masakan, tomat juga dapat digunakan dalam hal kecantikan dan kesehatan terutama kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Tomat dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit diantaranya adalah bekas jerawat.

Bekas jerawat yang mucul setelah jerawat sembuh bukanlah hal yang perlu ditakuti, walaupun pada beberapa kasus bekas jerawat sulit hilang, namun dengan melakukan perawatan sederhana dirumah dengan memakai bahan tomat maka sudah dapat dipastikan bekas jerawat anda akan segera hilang. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai kandungan tomat, cara membuat masker tomat, dan manfaat lain dari tomat untuk kulit wajah.

Kandungan Tomat Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Buah yang bernama latin Solanum lycopersicum ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kandungan gizinya tak diragukan lagi, menurut USDA dalam 100 gram tomat, kandungan terbesar di dalamnya adalah vitamin A 17% dan vitamin C 21%, sisanya adalah serat, protein, kalori, gula, kalsium dan zat besi. Kandungan vitamin C yang besar ini ternyata membawa manfaat lebih bagi tubuh. Selain untuk menjaga sistem immune tubuh, vitamin C juga dapat berperan sebagai agen pencerah kulit.

Buah tomat mengandung zat lycopene, yaitu suatu enzim yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Sedangkan antioksidan dalam buah tomat juga bekerja untuk mengusir zat radikal bebas dan menjaga kelembapan alami kulit. Buah tomat juga mampu mengecilkan pori-pori disamping juga membersihkan pori-pori wajah itu sendiri dan meningkatkan tekstur kulit. Buah tomat termasuk bahan alami yang aman digunakan pemilik kulit wajah berminyak.

Cara Membuat Masker Tomat Untuk Bekas Jerawat
Berikut beberapa cara membuat masker tomat guna untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, anda bisa hanya menggunakan bahan tomat saja atau dengan mencampurkannya dengan bahan lain:
1. Tomat
Siapkan satu buah tomat segar ukuran sedang kemudian hancurkan dagingnya saja atau anda bisa memblendernya, cuci kulit wajah dengan air hangat guna membuka pori-pori kulit sehingga zat aktif yang terkandung dalam tomat bisa lebih meresap kedalam kulit, gunakan tomat yang telah lembut pada wajah sebagai masker, biarkan selama 15-20 menit kemudian cuci wajah dengan air biasa. Lakukan cara ini satu kali dalam sehari.

Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Tomat dan mentimun 
Kombinasi dari tomat dan mentimun juga mampu mengurangi noda bekas jerawat, serta membuat kulit lebih bersinar. Campur potongan tomat dan mentimun dengan jumlah yang seimbang lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama beberapa saat agar kandungan dari tomat dan timun menyerap pada permukaan kulit lalu bilas.

3. Tomat dan putih telur
Anda dapat mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan putih telur. Putih telur berfungsi sebagai perekat agar formulanya dapat melekat baik pada kulit wajah. Sementara tomat berfungsi memberikan nutrisi pada kulit Anda, kombinasi kedua bahan sederhana ini dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat. Gunakan masker ini minimal dua minggu sekali. 

4. Tomat dan madu 
Tomat yang dicampur madu akan bekerja secara efektif dalam menyingkirkan bekas jerawat. Campuran tomat dan madu menghasilkan masker yang alami. Untuk hasil yang maksimal gunakan seminggu sekali hingga noda jerawat benar-benar hilang.

5. Tomat dan jeruk 
Campuran tomat dan sari jeruk membantu dalam mengurangi pigmentasi dan juga meningkatkan tekstur keseluruhan dari warna kulit. Campur sari tomat dengan sari jeruk. Oleskan campuran ini pada wajah. Biarkan selama beberapa waktu dan kemudian bilas.

6. Tomat dan pepaya 
Campuran pepaya dan tomat tidak hanya membantu dalam menyingkirkan bekas jerawat, tetapi juga efektif untuk mencerahkan warna kulit.

Menghancurkan potongan pepaya dan tomat yang telah dijus lalu membubuhkannya pada permukaan noda bekas jerawat, akan bereaksi mengembalikan permukaan kulit seperti semula.

Manfaat Lain Buah Tomat Untuk Kulit Wajah
 1. Menyembuhkan jerawat
Kandungan asam dalam tomat mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Sedangkan vitamin A dan C-nya juga akan membuat kulit lebih cerah serta menghilangkan bekas jerawat.

2. Untuk mengobati kulit yang terbakar matahari
Kandungan lycopene dalam tomat, dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari.

3. Mengecilkan pori-pori
Tidak dapat mengecilkan pori-pori secara instant namun tomat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi bermanfaat. Saat pori-pori membawa kotoran, otomatis ukurannya akan membesar, dan inilah mengapa Anda perlu memakai masker tomat secara rutin.

4. Menunda penuaan dini
Tomat dapat membantu menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan perawatan buah tomat.
Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Cepat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔