Pengertian Jerawat Batu, Ciri-CIri, Penyebab, Dan Cara Menghilangkanya

21.57
Cara Menghilangkan Jerawat Batu: Jika pada artikel sebelumnya kita membahas jenis-jenis jerawat, namun pada artikel tersebut tidak disebutkan yang namanya jerawat batu, namun sebenarnya yang dinamakan jerawat batu bisa juga disebut dengan istilah jerawat kista/cystic, merupakan salah satu jenis jerawat lanjut yang sudah tergolong parah, memiliki ukuran besar dan terdapat nanah didalamnya.

A. Ciri-Ciri Jerawat Batu
Jerawat batu merupakan sebuah kondisi dimana pori-pori kulit kita tersumbat oleh kotoran, kemudian terjadi infeksi oleh bakteri dan mengakibatkan peradangan kulit, berikut ciri-ciri jerawat batu lainnya:
  • Infeksi bakteri jerawat batu terjadi masuk jauh kedalam kulit daripada infeksi dari jenis jerawat biasa lainya.
  • Infeksi jerawat batu mengakibatkan bagian sekitar jerawat terlihat memerah, pada benjolan terdapat nanah putih, dan terasa sakit serta gatal.
  • Jika jerawat meletus dapat mengakibatkan infeksi menyebar ke bagian kulit lainya, dan menimbulkan jerawat baru.
  • Jerawat batu biasanya muncul pada bagian muka terutama pipi, dagu, dahi, dan bagian tubuh lainya seperti punggung dan lengan.
B. Penyebab Jerawat Batu
Dalam pembahasan diatas disebutkan bahwa jerawat batu disebabkan oleh adanya penyumbatan yakni oleh kotoran, kulit mati, sebum, dan bakteri. Namun yang menjadi penyebab utama adalah perubahan hormon pada tubuh, saat seorang baik cowok maupun cewek memasuki masa pubertas tubuh akan memproduksi hormon yang dinamakan androgen, hormon ini berfungsi dalam perkembangan karakteristik seksual tubuh (kedewasaan). Namun adanya produksi hormon berlebih ini juga menimbulkan efek negatif dan salah satunya timbulnya jerawat.
Menghilangkan Jerawat Batu

Produksi hormon androgen yang berlebih saat pubertas mengakibatkan kulit memproduksi sebum secara berlebih dan mengakibatkan kondisi dan struktur kulit berubah. Namun jerawat batu tidak hanya terjadi pada remaja bisa juga dialami oleh orang dewasa, maka banyak faktor yang dapat mempengaruhinya seperti keturunan, penggunaan kosmetik, tingkat kelembapan lingkungan dan keringat, serta penggunaan obat-obatan tertentu.

C. Cara Menghilangkan Jerawat Batu
Jerawat batu merupakan jenis jerawat tingkat lanjut, dimana penggunaan obat-obatan untuk jerawat biasa tidak memiliki efek pada jenis jerawat ini. Penggunaan bahan-bahan alami dan bahan alternatif seperti jeruk nipis, pasta gigi, tomat, bawang, dan bahan lainya kemungkinan juga tidak memiliki efek yang berarti pada jenis jerawat ini, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan obat-obatan antibiotik, melakukan perawatan di klinik kecantikan, serta menggunakan krim untuk jerawat.

1. Obat antibiotik untuk jerawat
Jenis obat ini merupakan jenis obat yang paling tepat untuk menghilangkan jerawat batu, obat antibiotik mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mempercepat proses penyembuhan luka. Biasanya obat antibiotik digunakan dengan cara oral/minum dan krim oles pada jerawat langsung. Konsultasikan pada dokter atau tanya pada teman yang sudah berpengalaman untuk menggunakan jenis obat ini.

2. Perawatan di klinik kecantikan
Banyak sekali perawatan yang bisa kalian lakukan di klinik kecantikan, mulai dari facial, terapi sinar laser, peeling, dan injeksi kortison. Pilihlah klinik kecantikan yang benar-benar sudah memiliki nama, legalitas, dokter spesialis kulit, serta memiliki peralatan yang lengkap.

3. Krim jerawat
Krim jerawat perlu juga anda pertimbangkan, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan krim antibiotik, atau krim yang mengandung vitamin. krim dengan kandungan vitamin mampu mendukung kerja antibiotik serta mempercepat pertumbuhan sel kulit serta mencegah penyumbatan pori-pori kulit.

D. Nama obat jerawat di apotek
Banyak sekali nama krim dan obat oral jerawat yang bisa kalian beli di apotik, seperti vitacid, isotretinoin, adapalen, dan sebagainya, namun jika kalian bingung langsung tanyakan pada pegawai apotik. Perlu anda perhatikan saat anda hamil untuk tidak mengkonsumsi jenis obat obatan tanpa anjuran dokter. Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil (Komedo).

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔